REMBUG



Persatuan, kebersamaan, persaudaraan..
Keriangan, kepatuhan, dan kekeluargaan
Seakan telah bersatu dalam jiwa kami
Jiwa yang lelah,
Jiwa yang penat,
Jiwa yang menanti saat-saat bahagia
Yaitu saat-saat besama dalam petunjuk AlQur’an.

Itulah puisi asal-asalan yang dapat saya sampaikan, hari demi hari telah terlewati, tak terasa kebersamaanku dengan teman-teman satu kamar sudah hamper 2 tahun. Namun semua itu tak akan berarti tanpa usaha yang sunguh-sungguh untuk mencari almu agama yang telah lama menjadi tujuan awalku dating ke sini.
Dalam suatu kelompok intern sering terjadi penerapan demokrasi, itu juga yang terjadi pada kelompok kami satu kamar. Yah, kamar Al Ghomidi, kamar yang di nisbathkan oleh syaikh Qurra’ itu, kamar yang sumpek, kamar yang aggotanya terdiri dari berbagai etnis dan suku bangsa. Disitulah kebersamaan timbul, disitulah keriangan muncul dan tak jarang kejahilan juga kadang-kadang muncul. Namun di sisi lain, setelah ketua kamar yang lama boyong (pulang) maka secara otomatis akan di pilih ketua kamar yang baru menggantikan yang lama.
Karena merupakan organisasi yang berskala kecil, maka pemilihan ketua kamar Al Ghamidy di langsungkan dengan amat sederhana, tanpa ada tho’am atupun yang lainnya. Namun meskipun demiian tak mengurangi semangat anggota kamar untuk menyalurkan aspirasinya. Khalifah Umar Bin Al Khattab pernah berkata: “kebenaran yang tak terorganisir akan di kalahkan oleh kebathilan yang terorganisir”, berbekal semangat itulah maka meskipun hanya lingkup kamar, kami tetapmemilih pemimpin.
Acara itu di mulai setelah Sholat Berjamaah Isya’, anggota kamar yanmg hadir 8 orang dan 2 orang yang lainnya absent. Namun dengan jumlah suara itu rasanya sudah cukup untuk melangsungkan pesta demokarasi dengan memilih pamimpin baru.
Karena tidak ada yang mencalopnkan diri, maka proses pemilihan di langsungkan secara bebas dan terbuka. Langsung menunjuk dan ada yang mencatat. Setelah proses pemilihan selesai dilanjutkan dengan pemberian visi dan misi oleh ketua terpilih. Selanjutnya pembahaan tentang kamar dan penutupan.
Yah itulah serangkaian acara yang kamilakukan dalam rangka mengisi liburan yang amat membosankan ini.

0 Comments:

Post a Comment