Sedikit tentang Anak-anak


Memulai aktifitas baru yang berkutat pada dunia anak-anak, sbenarnya aktifitas ini bukan baru. Tapi sudah lama menangani anak-anak, namun kali ini lain, kalo dulu anak yang ditangani terkesan urakan dan terkadang perlu tindakan tegas, kali ini anak-anaknya manja dan harus ekstra perhatian. Yeah, itulah anak-anak dengan segala tetek-bengeknya. Yang ini lah, yang itulah.
Setelah beberapa hari beradaptasi, akhirnya bisa juga Touch their Heart dan bisa agak menyatu dengan anak-anak tersebut. Canda dan tawa terkadang juga mewarnai untuk lebih jauh dengan tujuan yang pasti. Yaitu membiasakan Hafalan surat pendek. Bagaimanapun kata "Hafalan" adalah momok yang amat menakutkan bagi si kecil, tapi bukankah bisa itu karena terbiasa?? J.
Dibalik keluguan mereka, dan dengan beragamnya karakter dan kepribadian yang mereka miliki, seakan-akan terbaca apa yang mereka inginkan, apa yang ada dalam benak mereka. Tentu saja, tidak bisa di pungkiri, dunia mereka adalah dunia bermain yang apabila dunia itu di renggut dari kehidupan mereka, maka orang tua harus bersiap-siap atas keterlambatan kedewasaan mereka.
Berbagai media belajar yang penuh dengan nuansa permainan untuk anak-anak sangat dibutuhkan dibandingkan dengan cara belajar konvensional yang selama ini dijalankan. Secara umum, anak akan alergi dengan hal-hal yang bersifat disipliner dan memerlukan pemikiran yang dalam. Sebaliknya, anak akan secara otomatis familiar dengan hal-hal yang bersifat permainan meskipun sebenarnya itu memerlukan pemikiran yang dalam.
Kompetisi atau persaingan juga patut dipertimbangkan dalam dunia anak. Mereka akan termotifasi oleh keadaan teman sebaya mereka yang lebih unggul darinya. Sebaliknya, bagi mereka yang unggul tentu merasa takut akan tersusul oleh competitor-kompetitornya. Itulah beberapa kesimpulan awal selama bergelut dalam dunia anak-anak, semoga bermanfaat. Aamiin.

2 Comments:

  1. Unknown said...
    assalamualaikum...salam kenal,
    ak tadi membaca catatan kecil mas wajibati,ada banyak makna dan pelajaran, aku senang juga ketika melihat isi blognya yang penuh dengan ilmu, semoga aku juga bisa yah menulisan hal yang bermanfaat untuk ummat dengan tulisan yang baik dan benar serta tutur kata yang mudah difahami di blog aku, suatu inspirasi banget untuk aku, thanx ya...
    Unknown said...
    oya mas juga bekerja didunia pendidikan yah, ak juga tapi aku mengajar untuk anak usia 12-17 th, agak bingung menghadapi sikap mereka ketika belajar, lebih cuek, terlalu santai dan terlalu banyak bertanya untuk hal2 diluar pelajaran dibandingkan dengan pelajaran itu sendiri, klo boleh aku ingin minta nasehat atau pencerahan tentang bagaimana menjadi pendidik untu anak2 di generasi saat ini. Assalamualaikum..

Post a Comment